Peranan Ibu dalam Menciptakan Keluarga sebagai Lingkungan Terbaik

Di tengah gempuran berbagai informasi di era globalisasi, milenisasi bahkan digitalisasi dewasa ini banyak hal sifatnya  selegenje alias serba nggak jelas atau justru hoax dan menipu.
Nah  ini juga berlaku di tingkat keluarga, sebuah tingkatan terkecil dari kehidupan komunitas umat manusia di atas muka bumi ini. Dan merujuk kepada keluarga, tak salah kalau perempuan sebagai empu-nya sebuah keluarga harus bisa memberikan banyak hal terkait informasi maupun  pengetahuan kepada segenap keluarganya yang tentu saja isinya haruslah kebaikan dan kebenaran. Tujuannya jelas agar hal yang disampaikan oleh Ibu itu bisa menambah wawasan dan pengetahuan dalam pendidikan dan pengasuhan  terutama bagi anak-anaknya.
Demikian yang bisa dipetik dari pertemuan menarik yang digelar oleh  seksi Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga  dari PAC LDII kelurahan Cilandak Timur berkolaborasi dengan  seksi yang sama dari PC LDII Kecamatan Pasar Minggu. Kegiatan yang  bertajuk Seminar Parenting dan Belajar bersama Dra. Nana Maznah Zubir M. Si, ini  mengambil tema “Keluarga Lingkungan Terbaik”, digelar di majelis taklim Mesjid Baitul Fatah Cilandak, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 20 Desember 2018 lalu.
Nana Maznah Zubir sendiri adalah seorang  pakar Konselor & Mediator masalah  relationship untuk perkawinan & keluarga, yang sekaligus juga sebagai  Ketua Komunitas Rumah Pencerah (KRP) Jakarta.
Salah satu materi yang disampaikan oleh Nana Maznih dalam seminar kali ini adalah , tentang  arti keluarga. Disini Nana  menyampaikan 4 point penting sebagai dasar atau landasan dalam membawa keluarga sebagai lingkungan terbaik bagi perkembangan anak-anak, dikatakan dalam materi tersebut bahwa :
– Orangtua adalah sumber pendidikan utama dan pertama bagi anak.
– Interaksi ditahun awal dengan orangtua memberikan pengaruh menetap dan jangka panjang pada kematangan serta kesuksesan anak dikemudian hari.
– Orangtua diharapkan mampu memainkan peranannya memberdayakan seluruh keluarganya.
Pemberian materi dalam seminar ini juga dipermudah dengan dibagikannya e-book secara gratis kepada 126 peserta yang hadir yang memang di dominasi oleh kaum perempuan, baik itu dari ibu-ibu, para gadis maupun single parents.
“ Kami berharap acara parenting seperti ini bisa berlanjut,  untuk bekal keluarga terutama bagi pasangan muda yang baru membangun sebuah  keluarga. Selain itu
dengan pertemuan seperti ini bisa di adakan Kader-Kader parenting di wilayah Jakarta Selatan,” jelas ketua panitia Siti Fatimah.
Sementara Dewan Penasehat ( Wanhat ) PC LDII Pasar Minggu H. Taufik Rahardjo dalam sambutannya di acara seminar parenting ini menekankan “Agar 3 sukses pembinaan generasi penerus di LDII benar-benar bisa  terwujud secara paripurna, nah pembekalan pengetahuan parenting kepada ibu-ibu seperti saat ini  adalah hal penting dan urgen untuk membentuk akhlakul karimah yang baik kepada anak-anak kita, sekaligus membentengi mereka dari lingkungan luar yang dinamis namun penuh bujukan,” tandasnya. (ich/kim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *