Anies Baswedan Kukuhkan Pengurus FKUB DKI dan Kota Periode 2019 – 2024

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan mengukuhkan pengurus Forum Kerukunan Umat Bergama ( FKUB) DKI Jakarta periode 2019-2014 di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 28 Agustus 2019.

Setelah berakhirnya masa jabatan kepengurusan yang lama periode 2013-2018 dengan ketua Ahmad syafi’i Muhfid , Periode 2019-204 digantikan oleh Dede Rosyada mantan rector UIN Syarif Hidayatullah.

Dalam Sambutannya Anis mengucapkan ‘’ selamat atas terpilihnya para pengurus yang sudah dikukuhkan, saya berharap saudara saudara sekalian yang hari ini dikukuhkan akan bertugas dengan sebaik –baiknya untuk menjaga kerukunan umat beragama di DKI Jakarta.

Anis berharap kepada pengurus FKUB yang baru, bisa menjadi jembatan kerukunan dan persatuan umat beragama mewakili 10 juta penduduk DKI Jakarta. Sebagai jembatan harus mampu menahan beban yang melewati dua perbedaan ,apalagi sekarang dengan maraknya media social, peristiwa kecil akan menjadi global.

‘’Jakarta adalah miniature Indonesia,dimana semua ras,suku dan budaya ada di sini, apabila di Jakarta bersatu se –Indonesia juga merasakan persatuan. Di Jakarta gelisah, se-Indonesia juga akan merasakan kegelisahan,karena itu FKUB DKI Jakarta memiliki nilai yang strategis untuk kerukunan umat beragama’’Ujar Anis .


Adapun pengurus FKUB DKI Jakarta,Kota dan Kabupaten berasal dari berbagai tokoh agama di antaranya, Majelis Ulama Indonesia, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Keuskupan Agung Jakarta, Perwakilan Umat Buddha Indonesia,Parisada Hindu Dharma Indonesia, Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia. Sementara dari LDII yang masuk dalam kepengurusan baru diantaranya Tri Gunawan Hadi, Ibnu Anwarudin dari MUI DKI Jakarta masuk di FKUB DKI Jakarta . Arifin Rusdi dari MUI Kota Jakarta Barat di FKUB Jakarta Barat serta Sukarjan dari MUI Kota Jakarta Pusat di FKUB Jakarta Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *