Jakarta [10/09] – Di era sekarang ini dimana semua aktifitas mulai berbasis teknologi internet maka keterbukaan informasi cukup masif. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya berita yang bersliweran di dunia maya [internet]. Tidak hanya berita yang menginformasikan hal-hal yang baik dan benar serta bermanfaat namun juga berita-berita bohong secara isi berita [hoax] yang pada akhirnya menjadi sampah berita. Maka untuk mengantisipasi beredarnya berita hoax yang sampai ke masyarakat pada umumnya serta warga LDII khususnya, PC LDII Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat didukung seluruh PAC yang ada di bawahnya [PAC Bendungan Hilir & Kebon Kacang] melaksanakan kegiatan serentak dan bersama untuk menghindari berita hoax dan bijak dalam bermedia sosial, Kamis 9 September 2021 [1 Safar 1443 H] saat Pengajian PC Tanah Abang di Masjid Ash Shodiqin Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Dijumpai di tempat terpisah saat Musyawarah Konsolidasi DPD LDII Kota Jakarta Pusat dengan seluruh Ketua PC dan PAC se-Jakarta Pusat di Sekretariat DPD LDII Jakarta Pusat, M. Rofiq Sujarwanto selaku Ketua PC LDII Kecamatan Tanah Abang menyampaikan bahwa ” Dengan dibantu, dipandu dan diarahkannya seluruh masyarakat khususnya warga LDII yang merupakan juga bagian dari masyarakat, di moment bersama saat pengajian dan dilakukan serentak, maka target dan tujuan baik agar berita hoax dapat lebih dihindari serta semakin bijaknya masyarakat dalam bermedia sosial dapat tercapai dengan sukses.”

Teknis pelaksanaanya adalah dengan memberikan video tutorial dan penjelasan secara langsung oleh salah satu perwakilan pengurus PC LDII Tanah Abang, Yafi Nugroho untuk memandu meng-install aplikasi berita sebagai salah satu media mainstream yang telah terverifikasi baik sebagai sumber berita yang benar dan valid yaitu Aplikasi Berita LDII. Setelah semua meng-install aplikasi tersebut ke depannya warga LDII sebagai bagian dari masyarakat bisa melihat dan membaca berita dari sumber yang baik dan benar. Diarahkan juga dalam kesempatan yg sama agar tidak melakukan komen serta menyebarkan berita bohong dan atau yang bisa menjadi berita tersebut isinya membencikan bagi orang lain [hate speech]. Dari situlah nantinya membawa efek positif bahwa masyarakat juga bisa mengajak masyarakat lainnya untuk dapat menggunakan media sosial dengan bijak.

Dari hal tersebutlah H. Sutarto sebagai Dewan Penasihat PC LDII Tanah Abang menyampaikan dalam pengajian PC sebelum menutupnya dengan do’a, “…memang tidak ada yg bisa merubah secara keseluruhan agar menjadi baik semuanya. Namun jika gerakan bersama ini menjadi gerakan masyarakat, gerakan komunitas bahkan bisa menjadi gerakan bangsa maka ajakan untuk melakukan kebaikan menjadi ajakan yang memang sesuai yang diperintahkan Allah dan Rosul yaitu “Amar Ma’ruf Nahi Munkar”. Insya Allah. [mufiqs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here