Jakarta – PAC LDll Kelurahan Bendungan Hilir Tanah Abang Jakarta Pusat dan Tim PKK Pokja 1 Kelurahan Bendungan Hilir Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat menyelenggarakan penjajakan program yang bersifat kolaboratif pada Sabtu, 20 November 2021. Acara digelar di Masjid As Shodiqin, Jalan Bendungan Asahan II Nomor 5, Bendungan Hilir Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Perwakilan dari LDII yang hadir dalam penjajakan program ini, Guntur Triwibowo selaku Ketua PAC Bendungan Hilir, Ustadz Nuralim perwakilan DKM Mesjid As Shodiqin, Ibu Rudi S.T.B. dan Ibu Sutardi sebagai perwakilan ibu-ibu jamaah Majelis Taklim As Shodiqin. Adapun dari pihak PKK Pokja 1 Kelurahan Bendungan Hilir, Ibu Dini selaku Ketua PKK Pokja 1 RW 02 Kelurahan Bendungan Hilir dan Ibu Budi selaku Wakil Ketua .

Ketua PAC LDll Bendungan Hilir, Guntur menyampaikan, kegiatan yang ada di LDII Kelurahan Bendungan Hilir sudah membantu dalam kemaslahatan umat. Salah satu program dari 8 Pengabdian LDll bagi bangsa, yaitu Ketahanan Pangan dan Lingkungan. Adapun program pengumpulan minyak jelantah oleh PKK Pokja 1 dinilai sebagai sarana program untuk penyelamatan lingkungan. Dalam hal ini, LDII juga telah mengajak warganya untuk program pilah sampah. Hal ini juga terkait bahwa kegiatan lingkungan ini adalah praktek ibadah yang diperintahkan agama.

Dalam paparannya, Ketua PKK Pokja 1 Bendungan Hilir wilayah RW 02 Bendungan Hilir mengatakan bahwa program pengumpulan minyak jelantah adalah sebagai sarana Pendidikan hidup sehat sekaligus pemanfaatan limbah untuk bantuan sosial. Sebagai gambaran bahwa Pokja 1 mempunyai program kerja.

Program Penghayatan dan Pengamalan Pancasila:

  1. Melaksanakan penyuluhan Undang-undang Perkawinan.
  2. Ceramah kesadaran hukum, penanggulangan kenakalan remaja dan narkoba bekerjasama dengan dinas / instansi terkait.
  3. Pembentukan dan pembinaan terhadap kelompok Majelis Taklim.
  4. Penyuluhan tentang Panca Darma Wanita, diadakan dalam bina wilayah yang diikuti oleh , Kelompok PKK RT dan Dasa Wisma.
  5. Melaksanakan Pembinaan kepada BKB 4 (empat) kelompok BKR 3 (tiga) Kelompok, dan BKL 3 (tiga) kelompok.
  6. Membina simulasi gender dilaksanakan pada minggu Ke-4 (empat) setiap bulan.

Program Gotong Royong:

  1. Mengikuti Lomba K-3.
  2. Melaksanakan kegiatan kerja bakti setiap hari Sabtu (Sabsih) di lingkungan.
  3. Mengadakan kegiatan arisan, jimpitan, dan rukun kematian.
  4. Monitoring Kegiatan K-3 di lingkungan Dusun dan RT.
  5. Memelihara dan memupuk gotong royong di lingkungan.
  6. Pemberian sumbangan kepada anak yatim piatu, orang jompo, dan korban bencana alam.

Program pengumpulan minyak jelantah ini menyasar untuk warga di lingkungan kerja PKK Pokja 1 wilayah RW 02 Bendungan Hilir. Sebagai bagian dari masyarakat RW 02, jamaah Majelis Taklim Masjid As Shodiqin tergerak untuk dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap program ini.

Dalam paparan tambahan, Ketua PKK Pokja 1 wilayah kerja RW 02 Bendungan Hilir menyampaikan bahwa secara tekhnis tiap warga dapat menyetorkan minyak jelantah dalam waktu yang tidak dibatasi ke pihak RT atau RW yang ditunjuk atau bahkan ke kelurahan secara langsung. Besaran jumlah minyak jelantah yang disetorkan juga tidak dibatasi. Adapun dana hasil penyetoran minyak jelantah ini akan digunakan oleh PKK Pokja 1 untuk program santunan anak yatim dan korban bencana alam seperti kebakaran dan kebanjiran.

Salah satu program yang juga turut digalakan oleh PKK Pokja 1 ini adalah “Kencleng” dalam bentuk wadah kaleng dengan nama “Sedekah Subuh”. Sedekah Subuh ini berupaya untuk menghimpun dana dari warga dari uang koin sehari-hari dan dikumpulkan sebelum jumatan. [GuTS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here